Kamis, 06 September 2018

Hardware, Software, dan Brainware

1. Hardware

Hardware atau dalam bahasa indonesia disebut perangkat keras adalah salah satu dari ketiga komponen utama pembangun sistem komputer yang berwujud alias alatnya dapat kita lihat dan dipegang. Hardware mempunyai fungsi untuk  mendukung proses komputerisasi. Contoh hardisk yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari seperti Monitor, Speaker, Keyboard, Mouse dan masih banyak lagi.
Hardware terdiri dari 3 jenis, yaitu 
  • Input Device ( Perangkat Masukan ) : Berfungsi untuk memasukan data baik berupa gambar, teks, video, ke dalam komputer. Contoh dari Input Device yang sering kita jumpai : Keyboard, Webcam, Mouse, scanner dan lain sebagainya
  • Processor ( Perangkat Pengolah Data ) : Berfungsi untuk mengolah data yang diperoleh dari input device, setelah itu diproses dan diteruskan kepada output device. Contoh dari Perangkat pengolah Data : CPU ( Central Unit Processor ) dan Microprocessor.
  • Output Device ( Perangkat Keluaran ) : Berfungsi untuk mengeluarkan dan menghasilkan data yang telah dimasukan dengan Input Device. Contoh dari Output Device yang sering kita jumpai : Monitor, Speaker, dan Printer.
2. Software

Software atau di bahasa indonesia di sebut juga Perangkat lunak berfungsi untuk memproses data atau perintah / instruksi hingga mendapat hasil atau menjalankan berbagai perintah. Selain itu software dibagi menjadi beberapa jenis, sebagai berikut :
  • Sistem operasi : Perangkat lunak yang berfungsi mengorganisasikan semua komponen mesin komputer. contoh dari sistem operasi ialah microsoft windows, macintosh, linux, dan unix.
  • Program aplikasi : Suatu program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu untuk diterapkan pada suatu bidang. Contoh dari program aplikasi ialah MS.Word, MS. Excel, MS. Power point dan masih banyak lainnya.
  • Utillity atau program bantu : Suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi. contoh dari utillity ialah : Google Chrome, Mozilla Firefox, Winamp, Anti Virus dan lain-lain.
  • Bahasa Pemrograman : Atau lebih dikenal juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar yang berfungsi untuk memerintah komputer. contoh bahasa pemrograman : Java Script, PHP, Visual Basic, Pascal, dan masih banyak lagi.
3. Brainware

Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan data. atau bisa dikatakan juga orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan maka komputer tidak akan dapat dijalankan.
Brainware dibagi menjadi beberapa macam : 
  • Operator : Orang yang tugasnya melayani dan menjalankan sistem maupun peralatan yang ada hubungannya dengan perangkat komputer, misalnya seperti menyiapkan data untuk diakses, merawat sistem komputer, dan lain-lain. 
  • Programmer : Orang yang menguasai bahasa pemrograman. Programer dapat juga dikatakan sebagai pembuat dan petugas yang mempersiapkan program-program yang diperlukan pada sistem komputerisasi yang akan dirancang. 
  • Administrator : Orang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer atau jaringan komputer. dan Masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hardware, Software, dan Brainware